MEDIA KOMUNIKASI MELALUI Facebook Email dan Blog

BAB I

PENDAHULUAN

A. latar belakang

perkembangan teknologi komunikasi saat ini sudah sangat mencengangkan, yaitu melalui dunia internet. Betapa tidak, berbagai macam kecanggihan media yang disedia oleh internet sekarang ini telah memberikan kemudahan oleh para pengunanya. Yaitu dengan adanya Blog Facebook serta E-mail. Contoh saja melalui website Bolg terebut mengenalkan produk yang sama sekali masih asing atau bahkan baru, atau penjualan barang yang sangat sulit terjual dengan bisnis offline. pemilik produk punya peluang melebarkan sistem marketing yang selama ini dkerjakan.

Dunia internet berkambang sangat cepat, begitu juga adanya sebuah layanan pengiriman surat melalui media elektronik, yaitu melalui E-mail. Tanpa menunggu waktu yang lama dan dengan segala kemudahannya. Email sangat berperan penting dalam media internet. Dengan mengetahui segala macam seluk beluk isi dari email, kita bisa lebih memahaminya.

Terpisahkan oleh jarak atau tempat pada jaman sekarang sudah tidak adalagi, karena kita bisa dengan mudah memanfaatkan fasilitas Facebook, yaitu sebuah website yang berdasarkan pada pengenalan antar pribadi. Istilah relation difacebook tempat berkanalan serta banyak aktifitas untuk menambah teman.

B. Rumusan masalah

Telah kami tuliskan dimakalah ini berbagai macam yang berkaitan dengan blog facebook serta e-mail, diantaranya yaitu:

1. sejarah tentang facebook blog dan e-mail

2. hubungannya dengan kegiatan berkomunikasi

3. serta perkembangannya.
BAB II

PEMBAHASAN

A. Sejarah singkat blog

Sebelum kita memulai membuat sebuah blog, ada baiknya kita mengetahui bagaimana sejarah blog itu sendiri. Blog merupakan singkatan dari “web log” adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.

Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai Blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai Blogstorm atau Badai Blog.

Ngeblog (istilah bahasa Indonesia untuk blogging) harus dilakukan hampir setiap waktu untuk mengetahui eksistensi dari pemilik blog. Juga untuk mengetahui sejauh mana blog dirawat (mengganti template) atau menambah artikel. Sekarang ada lebih 10 juta blog yang bisa ditemukan di Internet.[rujukan?] Dan masih bisa berkembang lagi, karena saat ini ada banyak sekali software, tool, dan aplikasi Internet lain yang mempermudah para blogger (sebutan pemilik blog) untuk merawat blognya. Selain merawat dan terus melakukan pembaharuan di blognya, para blogger yang tergolong baru pun masih sering melakukan blogwalking, yaitu aktifitas dimana para blogger meninggalkan link di blog atau situs orang lain seraya memberikan komentar. Beberapa blogger kini bahkan telah menjadikan blognya sebagai sumber pemasukan utama. Sehingga kemudian muncullah istilah profesional blogger, atau problogger, orang yang menggantungkan hidupnya hanya dari aktivitas ngeblog.

1 Blog Sebagai Sarana Komunikasi

Membuat Blog di jaman seperti sekarang itu sangat mudah dan banyak sekali cara- cara bikin blog yang tersebar di mesin pencari “Mbah Google”. Blog bisa dibikin dengan cara berbayar maupun gratis, bagi yang ingin mencoba membuat blog bisa membuat melalui “Wordpress / Blogger”.

Blog di bikin dengan berbagai alasan, misalnya ingin mengenalkan produk yang sama sekali masih asing atau bahkan baru, atau penjualan barang yang sangat sulit terjual dengan bisnis offline. Dengan membuat blog, pemilik produk punya peluang melebarkan sistem marketing yang selama ini dkerjakan.

Blog ini adalah dari sekian juta blog yang telah dulu lahir, baik itu blog yang aktif maupun yang pasif. Blog menurut saya adalah blog sebagai sarana komunikasi yang bisa menembus batas, yang tak kenal waktu maupun usia, karena blog bisa dibaca oleh semua orang, dan apa yang telah kita tulis di blog mungkin akan sangat berguna bagi pembaca di masa mendatang. Dengan blog pula kita bisa berinteraksi dengan berbagai kalangan. contohnya bila anda mempunyai produk yang biasa di beli oleh lingkungan sekitar, sangat mungkin produk kita di beli oleh orang nun jauh disana yang kebetulan atau bahkan produk anda di gemari, semakin jelas bahwa BLOG adalah sarana komonikasi kita dan merupakan marketing kita yang tanpa batas.

2. Blog sebagai sarana komunikasi antar komunitas

Saat ini, blog sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian kalangan, misalnya kalangan pelajar, klub-klub, perkumpulan dan organisasi lain.

Fungsi blog saat ini sudah tidak seperti dulu lagi ketika blog dipandang hanya sebagai tulisan pribadi yang diperuntukkan kalangan terbatas saja. Seiring perkembangan teknologi dan kebutuhan akan informasi yang cepat, maka blog menjadi suatu kebutuhan untuk suatu komunitas supaya dapat tetap berhubungan dan berbagi informasi baik untuk kalangan komunitas itu sendiri atau pengguna internet pada umumnya.

Blog saat ini banyak dimanfaatkan untuk berbagi informasi tentang kegiatan suatu komunitas, sarana periklanan, bahkan banyak diantaranya digunakan untuk bekerja dan berorientasi bisnis.

B. Pengertian E- Mail

Email atau e-mail adalah singkatan untuk Electronic Mail, atau dalam bahasa Indonesia berarti surat elektronik. Halaman kamus di Wikipedia Indonesia memberikan sebuah kosa kata baru sebagai singkatan dalam bahasa Indonesia, yaitu surel. Namun dalam tulisan ini saya akan tetap menggunakan kata email karena kita memang familiar dengan kata “email”.

1. Sejarah Singkat mengenai email

Surat elektronik sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan ‘mainframe’ yang terbentuk sebagai jaringan. Mulai tahun 1980-an, surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum. Sekarang ini banyak perusahaan pos di berbagai negara menurun penghasilannya disebabkan masyarakat sudah tidak memakai jasa pos lagi.

Anatomi Ratel, sebagai contoh:

emailsaya@surabaya.vibriel.net.id
Keterangan:

Emailsaya: nama kotak surat (mailbox) atau nama pengguna (username) yang ingin dituju dalam mailserver surabaya.vibriel.net.id: nama mailserver tempat pengguna yang dituju, rinciannya: surabaya: subdomain (milik pemegang nama domain), biasanya merujuk ke suatu komputer dalam lingkungan pemilik domain vibriel: nama domain, biasanya menunjukkan nama perusahaan/organisasi/perorangan (Vibriel) net: second level domain, menunjukkan bahwa domain ini termasuk kategori networking (net).

iid: top level domain, menunjukkan bahwa domain ini terdaftar di otoritas domain Indonesia (id).

source : wikipedia

untuk saat ini biasanya sudah tidak menggunakan terlalu panjang contoh:

username@yahoo.com , username@gmail.com , username@cbn.net.id

2. Apa kelebihan dan kekurangan email

Kelebihan menggunakan email :

Cepat [ sangat cepat ] karena hanya perlu beberapa menit [ ketik dan send ]

mudah [ karena kita cukup mengetik di komputer ]

multiple send [ dapat mengirim ke beberapa orang sekaligus ]

dapat mengirim file [ attactment seperti file doc, excel, mp3, gambar, video dan lain-lain ]

kapan saja dan dimana saja [ tidak ada perbedaan lokasi dan waktu ]

biaya lebih murah karena internet sekarang sudah mulai agak murah di Indonesia

Kekurangan menggunakan email :

harus online [ connect ke internet ]

text dan gambar only yang dapat dikirim [tidak bisa kirim paket / barang]

tidak connect internet dan check maka kita tidak akan tahu yang kita kirim sudah dibalas atau belum

harus ingat username dan password

ladang virus juga bagi yang tidak mengerti.

3. Siapa penyedia Email

  • ISP setiap kita daftar account untuk berlangganan internet dipastikan kita diberikan minimal satu account email dengan akhiran nama isp tersebut. Misalnya CBN maka namaAnda@cbn.net.id.
  • WEB MAIL. Website yang menyediakan fasilitas email, contoh contoh penyedia email terbesar adalah Yahoo mail, Google mail, MSN Mail [ hotmail ] dan masih banyak lainnya dan itu disediakan GRATIS.

4. Cara membuat email

  • Salah satu yang akan dibahas adalah cara membuat email dengan menggunakan yahoo email
  • anda ketik www.mail.yahoo.com
  • Apabila kita telah memiliki Account silahkan masukkan username dan password kemudian klik sign in [ masuk ]
  • Apabila belum maka kita harus daftar terlebih dahulu yaitu dengan klik di bagian yang bertuliskan SIGN UP
  • Setelah diklik SIGN UP maka akan keluar halaman pendaftaran isi seluruh field yang disediakan dan biasanya yang bertandan bintang * [ wajib di isi ]. Salah satu syarat isi adalah mengerti bahasa inggris sedikit. Masukkan firstname dan lastname [ nama Anda / bukan id ] yahoo userID [username] yang unik [ nama tersebut akan menjadi alamat email Anda kelak ] masukkan password yang hanya Anda tahu dan mudah di ingat. Isi bagian if you forget your password. Data tersebut digunakan untuk Anda saat Anda meminta password karena lupa. Kemudian dibawah akan muncul sebuah gambar berisikan character dan angka acak [ verify your registration ]. Isikan sesuai dengan urutan tersebut [ yahoo ingin memastikan yang daftar manusia bukan bot. Setelah selesai klik I Agree.
  • Demikian juga untuk mendaftar di web mail gratis lainnya [ Sign up – isi data pribadi – I agree – lanjutkan ]
  • Sangat mudah bukan Selamat mendaftar

5. Cara menggunakan email

  • Dengan cara menggunakan ‘browser’, seperti Internet Explorer atau Mozilla Firefox. Metode ini disebut sebagai web-based, artinya kita menggunakan media web sebagai perantara ke kotak surat elektronik. Contoh: Yahoo! Mail dan Gmail. Untuk menggunakannya, pengguna haruslah dalam keadaan online. Layanan surat elektronik berbasis web biasanya disediakan oleh penyelenggara layanan email gratis.
  • Menggunakan program pengakses surat elektronik (e-mail client), seperti: Eudora Mail, Outlook Express, Mozilla Thunderbird, Mutt. Dengan menggunakan program seperti ini, seseorang harus mengetahui konfigurasi yang bisa didapat dari ISP. Keuntungannya adalah dapat membaca surat elektronik tanpa perlu terhubung secara terus-menerus dengan internet dan puluhan surat elektronik dapat diterima dan dikirimkan secara bersama-sama sekaligus. Kelebihan yang lainnya adalah perangkat lunak ini menyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan email secara offline. Dengan demikian biaya koneksi ke internet dapat dihemat.
  • Salah satu contoh yang akan dibahas adalah Yahoo mail : Setelah Anda mendaftar yang paling penting adalah cara menggunakan email tersebut
  • Yang utama adalah saat Anda ingin menggunakan email Anda harus Login terlebih dahulu atau Sign in
  • Isi username [ id Anda ] dan password kemudian klik sign-in.
  • Setelah Anda sign in dan tidak berhasil maka ada text user id salah atau password salah. Apabila Anda lupa dengan password Anda klik forget your ID Password. Masukkan data yang saat Anda isi pertama kali [ harus ngat waktu register Anda isi apa ]. Dan apabila berhasil maka Anda akan masuk ke halaman utama mailbox. Dalam mailbox Anda sebelah kiri terdapat inbox [ email yang masuk ], draft [ email yang disimpan ], sent [ email yang telah terkirim ], bulk [ email yang dianggap spam oleh yahoo, hati hati untuk membuka email tersebut. Apabila tidak jelas dihapus saja jangan dibuka ], dan trash [ email yang telah dihapus dan siap untuk di delete permanent.
  • Kliklah Inbox untuk melihat email-email yang telah dikirim orang lain untuk Anda inbox [ 21 ] artinya ada 21 email yang belum kita baca. Dan saat masuk kedalam inbox akan tampil list email-email. Tulisan tebal artinya kita belum pernah membuka [ membaca ] email tersebut. Tulisan biasa artinya kita sudah pernah membacanya. Klik di bagian subject untuk melihat isi email tersebut.
  • Demikianlah cara membaca email.

6. Cara mengirim email

  • Salah satu contoh yang akan dibahas adalah Yahoo mail :
    Setelah Anda mengetahui cara mendaftar dan cara menggunakan email sekarang saatnya untuk mengirim email
  • Klik “compose” untuk mengirim sebuah email
  • Setelah clik compose maka akan muncul windows khusus untuk mengirim email
    Masukkan to : alamat email tujuan [ usernameteman@yahoo.com ]
  • Dan masukan subject : Title [ perihal , kalimat pokok ]. Dan ketik isi dibagian bawahnya apa saja yang ingin disampaikan.
  • Untuk mengirim multiple mail maka di bagian to: gunakan koma [, ] sebagai pembatas email 1 dan lainnya
  • Untuk mengirim file gambar / mp3 atau file lainnya klik Attachment [ Attach file ] dan masukkan file tersebut.
  • Ingat!! Ketik surat Anda di notepad terlebih dahulu setelah itu copy ke bagian isi mail dan klik send saat ingin mengirimnya. Hal ini berguna agar saat send gagal Anda tidak perlu mengetik ulang. tinggal ctrl+c [ copy ] dan ctrl+v [ paste ]. Dan setelah selesai semua. Jangan LUPA untuk Sign Out / Log out / Keluar !!! Agar orang lain tidak dapat membaca email Anda.

7. E-mail tetap jadi sarana komunikasi elektronik utama

E-mail diperkirakan masih menjadi bentuk komunikasi elektronik utama walaupun menghadapi tantangan dari media komunikasi seketika (real-time) seperti Instant Messaging (IM) dan ancaman virus serta spam. Studi lembaga riset IDC memprediksikan dari 84 miliar email yang dikirim setiap harinya secara di seluruh dunia pada 2006, lebih dari 33 miliar di antaranya akan mengandung pesan spam.

Agar e-mail tidak kehilangan statusnya sebagai sarana komunikasi elektronik utama, penyedia layanan e-mail dan pengguna harus mampu mempertahankan nilainya sambil menekan biaya dan tingkat resiko.

“E-mail menghadai penantangnya virus, spam dan regulasi- hingga reputasinya babak belur namun tetap utuh”[1],Kecuali di kalangan remaja, pemuda dan lingkungan kerja beraktivitas tinggi, email tetap menjadi sarana komunikasi elektronik utama di atas IM. Saat ini, IM bisa didapatkan gratis dari penyedia layanan seperti Yahoo dan MSN.

IDC memperkirakan ukuran e-mail bisnis yang dikirim setiap tahunnya secara global akan melampaui 3,5 exabyte pada 2006, atau meningkat dua kali lipat dibandingkan dua tahun belakangan ini. Sebagai catatan, satu exabyte sama dengan seribu petabytes, setara dengan satu juta terabytes, sama dengan satu miliar gigabytes).

Menurut IDC, e-mail perlu dijaga nilainya sepanjang daur hidupnya mulai dari pembuatan hingga dihapus secara permanen- sambil mengurangi tingkat resiko dan biaya yang dibutuhkan.

Dibutuhkan juga upaya untuk meminimalkan dampak komunikasi seketika dengan menyediakan akses bebas biaya atau bertarif murah kepada e-mail korporasi dan pengguna rumahan. Seperti diketahui, fasilitas e-mail menjadi sarana penyebaran virus dan worm utama dan menjadi bagian tak terpisahkan dari aksi penipuan online seperti phishing mengirim e- mail.

C. Sejarah Facebook

Facebook kini lagi booming!! Bukan hanya di kalangan masyarakat umum, namun juga di kalangan blogger. Facebook ternyata diluncurkan pertama kali pada tanggal 4 Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg sebagai media untuk saling mengenal bagi para mahasiswa Harvard.

Hebohnya, dalam waktu dua minggu setelah diluncurkan, separuh dari semua mahasiswa Harvard telah mendaftar dan memiliki account di Facebook. Tak hanya itu, beberapa kampus lain di sekitar Harvard pun meminta untuk dimasukkan dalam jaringan Facebook. Zuckerberg pun akhirnya meminta bantuan dua temannya untuk membantu mengembangkan Facebook dan memenuhi permintaan kampus-kampus lain untuk bergabung dalam jaringannya. Dalam waktu 4 bulan semenjak diluncurkan, Facebook telah memiliki 30 kampus dalam jaringannya.

Dengan kesuksesannya tersebut, Zuckerberg beserta dua orang temannya memutuskan untuk pindah ke Palo Alto dan menyewa apartemen di sana. Setelah beberapa minggu di Palo Alto. Zuckerberg berhasil bertemu dengan Sean Parker (cofounder Napster), dan dari hasil pertemuan tersebut Parker pun setuju pindah ke apartemen Facebook untuk bekerja sama mengembangkan Facebook. Tidak lama setelah itu, Parker berhasil mendapatkan Peter Thiel (cofounder Paypal) sebagai investor pertamanya. Thiel menginvestasikan 500 ribu US Dollar untuk pengembangan Facebook.

Jumlah account di Facebook terus melonjak, sehingga pada pertengahan 2004 Friendster mengajukan tawaran kepada Zuckerberg untuk membeli Facebook seharga 10 juta US Dollar, dan Zuckerberg pun menolaknya. Zuckerberg sama sekali tidak menyesal menolak tawaran tersebut sebab tak lama setelah itu Facebook menerima sokongan dana lagi sebesar 12.7 juta US Dollar dari Accel Partners. Dan semenjak itu sokongan dana dari berbagai investor terus mengalir untuk pengembangan Facebook.

Pada September 2005 Facebook tidak lagi membatasi jaringannya hanya untuk mahasiswa., Facebook pun membuka jaringannya untuk para siswa SMU. Beberapa waktu kemudian Facebook juga membuka jaringannya untuk para pekerja kantoran. Dan akhirnya pada September 2006 Facebook membuka pendaftaran untuk siapa saja yang memiliki alamat e-mail. Selain menolak tawaran dari Friendster seharga 10 juta US Dollar, Zuckerberg juga pernah menolak tawaran dari Viacom yang ingin membeli Facebook seharga 750 juta US Dollar, dan tawaran dari Yahoo yang ingin membeli Facebook seharga 1 milyar US Dollar.

Tidak ada situs jejaring sosial lain yang mampu menandingi daya tarik Facebook terhadap user. Pada tahun 2007, terdapat penambahan 200 ribu account baru perharinya Lebih dari 25 juta user aktif menggunakan Facebook setiap harinya. Rata-rata user menghabiskan waktu sekitar 19 menit perhari untuk melakukan berbagai aktifitas di Facebook.

1. Indonesia Masuk 5 Besar Pengunjung Facebook

Hari gini siapa yang tidak kenal Facebook, mulai dari Artis, Presiden, Anggota DPR, Blogger sampai Program Reality Show pun membuat Facebook sebagai ajang komunikasi penggemar mereka. Dalam waktu 1 minggu terakhir ini saja, Saya sempat menyaksikan beberapa stasiun televisi swasta di Indonesia mengangkat situs internet yang menyajikan layanan jejaring sosial Facebook sebagai tema dari beberapa acara yang ditayangkan di stasiun-stasiun tersebut, seperti Fatwa MUI Jawa Timur yang mengatakan penggunaan Facebook Haram.

Untuk diketahui jumlah user Facebook yang berasal dari Indonesia masuk dalam 5 besar setelah Amerika Serikat, Inggris Raya, Italia, Perancis. Bahkan Indonesia didaulat sebagai urutan pertama sebagai penyumbang traffic terbesar ke server Facebook.facebookfacebook

2. Profil Singkat

Nama Perusahaan

:

Facebook, Inc.

Tipe

:

Perusahaan tertutup

Industri

:

Internet

Didirikan

:

Cambridge, Massachusetts (4 Februari 2004)

Pendapatan

:

USD 100 juta (estimasi 2006)

Karyawan

:

300+ (Juli 2007)

Kantor Pusat

:

Palo Alto, California, AS

Tokoh penting

:

Mark Zuckerberg (Pendiri dan CEO)

Dustin Moskovitz (Pendiri dan Wakil Presiden Teknis)

Owen Van Natta (COO)

Matt Cohler (Wakil Presiden Strategi dan Operasi Bisnis)

Chris Hughes (Pendiri)

Situs

:

http://www.facebook.com

3. Beberapa hal penting tentang facebook

Facebook. The Next Big Thing. situs social networking dengan pertumbuhan fantastis yang diperkirakan akan terus tumbuh melampaui myspace. web app sukses yang sanggup membuat foundernya menjadi jajaran jutawan muda di U.S. dengan hasil jerih payah sendiri. Sebuah situs social networking yang menurut saya, jauh jauh lebih mantap dari friendster. situs social networking yang saat ini masih terpopuler di Indonesia. saya sampai heran mengapa masih ada saja user yang masih saja betah dengan friendster yang dari tahun ke tahun rasanya tidak menunjukkan perubahan service ke arah lebih baik selain penambahan fitur bahasa dan aplikasi yang rasanya kurang berpengaruh.

Ada satu masa ketika pertama kali saya mulai rajin browsing kesana – kesini saat menyelesaikan pendidikan web di Qcollege dimana, keyword yang saya cari sering mengandung nama social network yang satu ini. hal – hal fantastis tentang facebook sangat memesona saya. sedikit terobsesi malah. meskipun sebenarnya hal yang sangat memikat untuk saya sebenarnya adalah dunia web 2.0 dan social networking secara keseluruhan. bahkan tugas akhir untuk Qcollege pun saya buat dengan tema social networking. sampai membuat themes wordpress dengan tema facebook – looks lagi. well, ketika itu, saya masih belum menjadi user yang aktif dari facebook. hanya signup untuk penjajakan saja.

Namun dasar buatan manusia, selalu saja ada hal yang kurang berkenan. manusiawi memang. Poin – poin kelebihan facebook :

1. Tampilan profile yang uncustomizeable. dua mata pisau memang. di satu sisi, menguntungkan, karena membuat tampilan menjadi clean.Untuk beberapa orang yang menyukai engekspresian diri via tampilan, hal ini sangat menyebalkan.

2. Facebook aplication yang sangat banyak. Saking banyaknya, jadi kurang berminat meluangkan waktu untuk mempelajari kegunaan aplikasinya satu persatu.

3. Tampilan situs yang berat, karena banyaknya aplikasi. bagi user facebook aktif yang doyan menambah aplikasinya, tampilan profilenya pasti akan menjadi berat dan sangat meriah. pabalatak lah. kasian para fakir benwit. hehehe. Apalagi tampilan slim facebook yang disesuaikan untuk resolusi 800px. halaman profile jadi panjang ke bawah.


BAB III

PENUTUP

A. Kesimpulan

Internet sudah mengalami perkembangan sangat pesat, yaitu dengan muncul beberapa penyedia layanan e-mail blog serta facebook. Perkembangan tersebut tak lepad dari usaha para pakar Inforamation Technologi yang terus berlomba untuk menemukan suatu program baru. Seperti kalanya facebook, layanan tersebut baru muncul beberapa tahun terakhir.

Banyak sekali orang memanfaatkan layanan tersebut untuk berkomunikasi. Jaman sudah canggih, kita tak perlu langsung face to face untuk menjalankan aktifitas berkomunikasi dengan yang lain. Seperti halnya kirim-mengirim surat, elektronic mail mempunyai sistem yang sangat canggih, bahkan melampaui surat pos. Hal tersebut hanya semata untuk berkomunikasi atau saling berinteraksi satu sama lain.

Adanya timbal balik atau fadeback dalamberkounikasi merupakan salah satu indikator bahwa aktifitas tersebut berhasil, sehingganya timbullah hal yan diinginkan. Semakin berkembang dunia ini maka berkembang pula gaya manusia berkounikasi. Kalau sekarang ita bisa berchatting (liat gambar langsung dan becakap-cakap), mungkin kedepannya nanti kita bisa mencium bau atau merasakan perasaan hati.

B. Kritik dan saran

Kritik dan saran yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi perbaikan dan kesempurnaan rangkuman kami. Bagi para pembaca dan rekan-rekan yang lainnya, jika ingin menambah wawasan dan ingin mengetahui lebih jauh, maka penulis mengharapkan dengan rendah hati agar lebih membaca buku tentang informas dan teknologi lainnya yang berkaitan dengan judul “facebook blog e-mail”.


DAFTAR PUSTAKA

· http://basukisutjijanto.com/blog-sebagai-sarana-komunikasii/

· http://blogtekno.tkjstembayo.info/?p=5 Blog Sebagai Sarana Komunikasi Antar Komunitas

· http://www.duniacyber.com/interactives/internet_advance_email.php

· http://www.egrosir.com/home/berita.asp?kodeberita=66

· http://unik.web.id/indonesia-masuk-5-besar-pengunjung-facebook/

· http://fikrirasyid.com/beberapa-hal-mengenai-facebook/ 04 Jul 2008

· http://www.surya.co.id/2009/06/07/menangkal-phising-di-facebook.html

vwebsite diatas dibuka pada tanggal 06 Juni 2009


[1] Mark Levitt, Research Vice President Collaborative Computing IDC.

This entry was posted in PERTEKOM. Bookmark the permalink.

2 Responses to MEDIA KOMUNIKASI MELALUI Facebook Email dan Blog

  1. MARDIANA BINTI RAMLEE says:

    Selamat Sori…
    Saya Mardiana Ramlee dari Sabah…
    Saya merupakan seorang penuntut Komunikasi massa dari Universiti Malaysia Sabah..
    Saya amat tertarik dengan kandungan yang dipaprkan dalam laman ini. Bagi pengetahuan pihak Tuan/Puan..saya merupakan penuntut tahun akhir..dan perlu membuat tesis sebagai salah satu prasyarat pengijazahan saya.. Kini, saya sedang mencari sebanyak mungkin bahan bagi tesis saya yang berkait rapat dengan kepuasan pekerja dalam organisasi awam terhadap pengunaan email. Saya berharap agar ruangan ini dapat memberikan lagi saya sebanyak mungkin informasi berkaitan dengan kepuasan pekerja menggunakan perkhidmatan email..

    Sekian dulu daripada Saya….Segala jasa yang diberikan saya dahului dengan ucapan ribuan terima kasih…

  2. Pingback: Facebook Sebagai Media Informasi « tyasoke

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s